Pablo Picasso

Diposting oleh benazir_aisya on


Pablo Picasso adalah seorang pelukis ternama didunia yang amat terkenal dalam aliran kubisme dan juga dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Pablo Picasso adalah jenius seni yang tidak hanya piawai melukis saja, melainkan hebat pula dalam berkarya selaku pematung, pembuat desain grafis, pembuat keramik, perancang kostum penari balet, dan juga penata panggung sebuah pertunjukkan.

Nama lengkapnya adalah Pablo Diego Jose santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispin Cripiniano de los remedios Cipriano de la santisima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso Lopez. Panjang banget ya !, kayak kereta api. Dalam dunia seni ia terkenal dengan nama Pablo Picasso.

Pablo Picasso lahir di Malaga, Spanyol, pada tanggal 25 Oktober 1881. Ayahnya seorang profesor seni bernama Josse Ruiz Blasco dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.

Diusia 14 tahun, ia lulus ujian masuk 'school of fine arts' di Barcelona dan dua tahun pindah ke Madrid untuk belajar di Royal Academy. Tak berapa lama kemudian dia kembali lagi ke Barcelona dan bergabung di 'Els Quatre Gats'. Pada usia 23 tahun, Picasso pindah ke Paris, kota pusat seni dunia pada masa itu.

Pablo Picasso termasuk pelukis produktif. Sekitar 2000 karya lukis telah dihasilkannya. Ia dikenal sering berganti - ganti gaya lukisan karena pertemanannya dengan banyak teman sesama pelukis. terlebih - lebih kepribadiannya yang bebas membuatnya juga bebas berekpresi. Namun apapun juga gaya lukisannya, karyanya tetap mencerminkan karakter yang kuat. Ia memang sosok pelukis yang hebat.

Gaya kibisme yang ditunjukkan Picasso dalam karya - karyanya sangat mengejutkan dunia lukis ketika itu. Gaya itu seolah - olah mengubah pandangan orang akan suatu keindahan yang biasa ditunjukkan suatu lukisan. Sosok wanita yang cantik di tangan Picasso berubah drastis hingga tak lagi menunjukkan kecantikkan atau keindahannya. Sulit dikenali lagi wajah modelnya. Namun demikian tetap juga menyiratkan keindahan tersendiri.

Picasso juga menjadikan wanita untuk sumber inspirasinya. Baginya setiap wanita memberikan inspirasi yang berbeda. Lukisannya yang diberinya judul ' Femme Assise Dans Un Fauteuil' terinspirasi oleh kekasihnya yang bernama Eva Gouel. Lukisan bergaya kubisme itu disebut - sebut sebagai adikarya gaya kubistis. Lukisannya yang lain, ' La Reve ( mimpi )' juga terinspirasi oleh kekasihnya yang lain, Marie Terese Walter.

Pablo Picasso memang seniman jenius yang terus berkarya hingga akhirnya meninggal dunia pada tanggal 8 April 1973. Karya - karya warisannya menyemarakkan dunia lukis dan terus dikagumi para penikmat seni lukis.

0 komentar:

Posting Komentar

Leave your Comment !