Lokasi Kelahiran Kaisar Romawi Ditemukan di Italia.

Diposting oleh benazir_aisya on
Para arkeolog dari Italia dan Inggris yang hampir empat tahun menggali reruntuhan berusia ribuan tahun meyakininya sebagai lokasi kelahiran Vespasian, Kaisar Romawi yang membangun Colosseum. Reruntuhan bangunan berusia 2.000 tahun itu berlokasi 130 kilometer di sebelah timur laut Roma, dekat Cittareale. Demikian dikatakan pemimpin arkeolog itu, Filippo Coarelli.

Kompleks reruntuhan seluas 14.000 meter persegi itu berada di pusat desa kuno yang disebut Falacrine, lokasi kediaman Vespasian. Meskipun hingga kini tak ada prasasti yang memastikan dugaan tersebut, puing reruntuhan yang menyisakan keindahan dan kemewahan itu menguatkan dugaan para arkeolog sebagai tempat kelahiran Vespasian. Puing tersebut digambarkan, ”Memiliki lantai luas yang sangat indah, didekorasi marmer yang mewah berasal dari kawasan Mediterania,” kata Coarelli.

Vila dengan keindahan yang mewah di lokasi reruntuhan itu kian menguatkan dugaan kediaman Vespasian. ”Sudah sangat pasti bahwa benda dengan ciri semacam itu merupakan milik keluarga dengan posisi sosial tinggi dan kaya pada zamannya,” kata salah seorang keturunan Vespasian, seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Vespasian memiliki nama panjang Titus Flavius Vespasianus, yang dalam sejarahnya dikenal memulihkan stabilitas kekaisaran setelah instabilitas politik di bawah pemerintahan Kaisar Nero. Lahir tahun 9 Masehi dari keluarga bangsawan rendahan, Vespasian secara perlahan meraih posisi puncak dalam karier militernya. Ia berpangkat jenderal ketika meredakan pemberontakan kaum Yahudi di Yudea.

Setelah memperoleh dukungan kuat sebagai kaisar dari pasukannya pada tahun 69 dan menundukkan para pesaingnya, Vespasian menghadapi Roma yang tengah dilanda krisis ekonomi sangat parah dan kehancuran kota di bawah pemerintahan Kaisar Nero. Menggunakan hasil rampasan dari Jerusalem dan pendapatan dari menaikkan pajak, ia membangun fasilitas umum dan Colosseum, salah satu proyek paling ambisiusnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Leave your Comment !